Berburu Lumba Lumba di Teluk Kiluan & Berselancar di Krui (Teknis Perjalanan; 1)


Gb. Lumba-lumba di Teluk Kiluan. (pic by Harry Kawanda)

Desember 2009

Secara Administratif Teluk Kiluan berada di Desa Kiluan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.  Sedangkan Pantai Krui berada di Kabupaten Lampung Barat.

Perjalanan kali ini, tim terdiri dari 3 (tiga) orang yaitu saya,  dan 2 (dua) orang teman, Harry Kawanda dan Happy Kurniawan.  Total waktu yang kita rencanakan untuk trip ini adalah 5 (lima) hari, 5 (lima) malam, dengan estimasi di Kiluan 3 (tiga) hari 2 (dua) malam, dan sisanya kami habiskan di Krui

Budget

Berdasarkan estimasi awal, trip ini direncanakan berjenis trip ekonomis dengan low budget 500k-Rp, namun dalam prakteknya terjadi over budget sebesar 150k-Rp untuk biaya penginapan dikarenakan kita tiba di Krui terlampau malam, sehingga tidak dimungkinkan untuk mencari tempat camping guna mendirikan tenda.

PIC

PIC yang kita kontak untuk mendapatkan informasi di Kiluan bernama Pak Dirham (0813 6999 1340) dan Pak Budi (0812 7200 7455). Pak Dirham adalah pengelola tempat wisata di Pulau Kilauan, beliau dapat dimintai informasi mengenai penginapan dan sewa perahu di sana. Sedang Pak Budi adalah supir L300, travel dari Bandar Lampung ke Kiluan.

Transportasi.

Perjalanan direncanakan menuju Teluk Kiluan terlebih dahulu sebelum melanjutkannya ke Pantai Krui. Teluk Kiluan dapat dicapai dari Jakarta dengan estimasi waktu tempuh selama 12 jam dengan alat transportasi umum atau alat transportasi pribadi sebagai berikut:

Transportasi Umum:

Bis Jakarta – Merak : 20k-Rp; 3 jam

Ferry Merak-Bakaheuni: 16k-Rp; 2 jam

Bis Bakaheuni-Bandar Lampung (Kali Balok): 17k-Rp; 3 jam

Travel (L300) Bandar Lampung (Kali Balok) – Kiluan: 45k-Rb; 4 jam;

Perahu Bercadik Teluk Kiluan – Pulau Kiluan – Jalur Lumba-Lumba: 250k-Rb/3 orang

Transportasi Pribadi:

Trek yang dilalui dari Bandar Lampung – Kiluan termasuk ekstrim. Perlu mobil dengan tenaga besar dan supir yang handal untuk bisa melewati trek tersebut, khususnya dari Desa Bawang  ke Desa Kiluan.

Trek sebelum Desa Bawang masih relatif aman dengan kondisi jalan beraspal halus hingga aspal kasar. Memasuki Desa Bawang, trek mulai berbatu dengan lubang-lubang  yang cukup dalam, kemudian berganti dengan trek tanah licin yang terletak diantara tebing dan jurang.

Pada suatu titik, jalur menjadi cukup kecil,  dengan kondisi terdapat bekas longsoran di sebelah kiri jalan. Ditambah dengan kemiringan 45  (empat puluh lima) derajat yang cukup ekstrim, cukup menyulitkan mobil-mobil dengan bodi lebar untuk bisa melewatinya.  Belum apabila kondisi trek selesai diguyur hujan sehingga trek tanah liat tersebut menjadi licin dan mengakibatkan kemungkinan selip ban sangat besar.

Mobil kami, Mitsubishi L300 yang dikemudikan oleh Pak Budi, warga Desa Kiluan, melaju mantap. Untuk mengantisipasi jalur licin, pak Budi membawa rantai ban yang dapat dipasang sewaktu-waktu apabila jalur tanah menjadi licin dan sulit dilalui.

Mobil yang layak dan dapat lewat di jalur Bandar Lampung – Kiluan adalah mobil dengan kaki-kaki yang cukup tinggi, lebar bodi yang proporsional, dan kondisi mesin yang prima.

L300, Taft, APV masih cukup mampu untuk masuk ke Desa Kiluan; Innova, Avanza, Yariz, agak terlalu beresiko;  sedangkan sedan, lupakanlah!

Objek Wisata

Objek wisata yang menarik di Kiluan adalah ratusan lumba-lumba yang berkumpul di dekat pulau dan teluk tersebut. Lokasi tersebut terkenal akan sorga tempat lumba-lumba berkumpul. Selain itu pantai di sekeliling pulau juga cukup menarik untuk   sekedar berenang-renang dan menghabiskan hari bermalas-malasan.

Lumba-lumba tersebut biasanya berkumpul pada pagi hari. Sebelum jam 7 (tujuh) pagi, kita telah bersiap-siap menaiki perahu bercadik yang di kemudikan oleh Pak Agus, adik dari Pak Dirham. Setelah sekitar 30 (tiga puluh) menit berperahu, akhirnya kami dapat melihat gerombolan lumba-lumba tersebut.

Pantai Krui (bonus feature)

Pantai Krui terletak di Kabupaten Lampung Barat. Pantai Krui terkenal dengan Tanjung Setia-nya sebagai tempat surfing dengan ombak yang menantang. Akomodasi sudah cukup lengkap terdapat di sana, dari losmen hingga hotel banyak terdapat di Krui.

Objek di Krui kurang bisa kami nikmati dikarenakan transportasi umum yang tidak bisa dipastikan keberangkatannya. Kami sempat tertunda selama 1 (satu) hari 1 (satu) malam di lampung, sehingga waktu tersebut terbuang percuma, tidak bisa digunakan untuk menikmati keindahan pantai Krui.

Secara keseluruhan, perjalanan kali ini sungguh menyenangkan.  Thx to Harry & Happy.

Tips

  • Bila ingin melihat lumba-lumba, sebaiknya datang ke Kiluan pada weekdays bukan weekend hal ini untuk menghindari ramainya pengunjung yang datang pada saat yang sama dengan waktu kita melihat lumba-lumba. Lumba-lumba sensitif dengan suara bising dari motor penggerak perahu.
  • Bila ingin memotret lumba-lumba, seting kamera anda pada mode “P” (canon) atau “auto” , karena agak sulit untuk seting manual di atas perahu kecil bercadik yang bergoyang dihantam badai.
  • Camping diperbolehkan di Pulau Kiluan, sehingga apabila anda tidak ingin membayar lebih untuk penginapan di Pulau (150k-Rp/Kamar), disarankan anda untuk membawa tenda.
  • Air tawar cukup mudah di dapat di sekitar Pulau Kiluan.
  • Hendaknya menghubungi Pak Dirham terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelum anda berkunjung ke Kiluan. Pak Dirham ramah dan cukup kooperatif bila diajak bekerja sama.
  • Transportasi ke Krui sebaiknya tidak ditempuh lewat jalur trans Sumatra bagian tengah, karena itu akan terlalu lama (12 Jam perjalanan dari Bandar Lampung). Akan lebih baik apabila hendak menuju Krui ditempuh melewati jalu barat, menyisiri pantai barat Sumatera, melewati Kota Agung – Tanggamus. Bis Krui Indah banyak ditemui di terminal Rajabasa. Untuk kembali dari Krui, dapat menggunakan PO yang sama atau bis AKAP Bengkulu- Bandar Lampung.

Sumber :

http://www.telukkiluan.org/
http://liburan.info/content/view/756/43/lang,indonesian/
http://id.wikipedia.org/wiki/Lampung
http://fotokita.net/browse/photo/401256186179_9775154/cat/87/perjalanan-kenangan
About these ads
Tagged , , , , , ,

29 thoughts on “Berburu Lumba Lumba di Teluk Kiluan & Berselancar di Krui (Teknis Perjalanan; 1)

  1. diolla says:

    kalo aku jalan kesini namanya pulang kampung mas.. hehehehe, iya bener lintas sumatra cuma buat driver yang jam terbangnya udh canggih ^^

  2. rebecka says:

    wieeee harry
    gw, sama vivi, shandy, arie, dkk
    minggu ini mau ke kiluan loh heheheheh
    doaiin yah smoga kita lancar nge-tripnya

  3. rebecka says:

    eh maaf2 ini bukan webnya harry yah??
    abis liatnya fotonya doang yang ada harry kawandra nya
    hehehehe
    maaf2
    baru nyadar neh

  4. Yessi says:

    mas, boleh minta nomor driver untuk sewa mob?il dari ampung ke kiluan, dan boat di kiluannya

  5. ndud says:

    OMG……
    ngiler banged nie…hehehe..
    jadi punya rencana bulan madu disana.. wkwkwkwk…
    apalagi ada lumba2 nya…
    auuuwh… jadi g sabar bgd…
    hehehe…
    btw, untuk liburan di teluk kiluan idealnya brapa hari ya mas??
    biar bisa prepare ambil cutinya… hehehe

  6. anne says:

    sory bro,dipostingan liat biaya transport ke kiluan dari kalibalok dgn mobil L300-nya memakan 45k-Rb y? itu otk per org or per mobil?n itu msh harus kita yg isi bensin jg msh harus kasih fee ke drivernya ga?
    dtunggu blsnnya… thx

    • ipungmbuh says:

      Itu itungan perorang. Modelnya kaya travel, jd kita cukup bayar segitu aja. L300-nya sebelum ke Kalibalok, doi njemputin dulu penumpang satu-satu sampe penuh. Semoga bisa membantu informasinya, dab. ;)

  7. anitapuspitanegara says:

    tengkyu infonya. :)

  8. riameylanie says:

    Wii infonya msh valid ampe 1thn kmd. barusan aj saya telpon Pak Dirham buat nyewa penginapan dsana. Tengkyu bgt buat ipungmbuh. sayang ga bisa cendol. hehe

  9. […] The busiest day of the year was July 13th with 121 views. The most popular post that day was Berburu Lumba Lumba di Teluk Kiluan & Berselancar di Krui (Teknis Perjalanan; 1). […]

  10. tata says:

    Saya boleh minta nomor teleponnya pak dirham tidak? kebetulan saya ingin menginap disana juga minggu ini.. thx

  11. yaman azis says:

    jalan tidak separah yg dibayangkan, kijang or apv ok. jarak ke bawang, your last “kota” hanya 67 km, naik ke perbukitan dan lembah hanya 4 km !! jalan ok. atm ada di piabung km 40an, start dali bandar lampung siang, makan ikan barar dan kepala ikan simba di RM Ika pada km 7, sekarang musim duren…sedaaap, habis ini duku, manggis. sampai kiluan langsung ke warung yono, parkir dan ke pantai pesan perahu ke pulau. bisa menginap di pualau, bisa juga di cottage rumah panggung pak manaf. capable for 20-30 orang. untuk yang datang individual/group, angkutan apv tiap sore bdl-kiluan. bisa carter.
    for those who wants to get special info or guided travel, this numbers might be useful for u…0816410630. hello from us, himpunan pramuwisata indonesia lampung/HPI. yaman azis, chairman. actifities you can do there; stay overnight at the island, dive, snorkel, at lagoon nearby, boating arround the bay, dolphin tour ! ( are you ready to the open sea ?, wooden prao is balanced with “katir”, so you dont be afraid.)

  12. vanes says:

    saya butuhnya temen di daerah lampung krui… bakal menetap lama dsini… membosankan banget sndr…

  13. dianalvaro says:

    Ada rencana pengen nge’trip kesini sendirian,,, thank’s infonya mas…. :D

  14. stephanie theresia says:

    godd makin tergilagila sama dolphine…bukan sekedar aksesories dan sekimpulan boneka dolphine ..rasanya mau meliharra lumba2 nya aslii hhuhhuuu….

  15. dians999 says:

    Info yang super mantep gan….
    izin share yaaa… :)

  16. Jeffry says:

    wah,,, pengen ni,, nuat tahun baruan nti,,, kalo pantai krui nya ada CP ny gg om?? kira2 biayanya berapa ya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 47 other followers

%d bloggers like this: